Monday, November 06, 2006

Pro dan Kontra Imunisasi

Sudah waktunya imunisasi lagi...
Sebulan sekali memang.... macam-macam jenisnya dari DPT, HiB, Polio, Hepatitis, Campak, Cacar, IpD, MMR, dll

Ada dua pilihan yang diberikan sama dokternya, mau pilih yang murah, tapi efeknya demam bagi anaknya, atau yang mahal (tiga kali lipatnya) tapi anaknya normal-normal aja and gak demam ato 'sumeng' kata orang jawa? Mau yang buatan lokal atau luar negeri?

Ada lagi yang lagi diperdebatkan, perlu gak sih sebenarnya imunisasi bagi balita? Apa dampaknya bagi si kecil. Katanya ada yang menyebabkan autis, menyebabkan cacat ini dan itu. Wah menyeramkan juga ya, apalagi si kecil belum bisa bicara apa2 kalo sakit.
Saat ini lagi aku baca bukunya, "Imunisasi, mengapa perlu?" oleh Prof Umar Fahmi Achmadi, terbitan Kompas. Yah buat bahan masukan deh........