Tuesday, May 08, 2007

Mbah Jingkrak

Baru denger? sama!
Ini ternyata sebuah nama tempat di Semarang, tepatnya di kawasan Taman Beringin yang menjual makanan yang super pedas dan super kelewatan namanya.

Ada Daging Genderuwo, Sambal Iblis, Ati Boyo (Hati buaya), Pitik Setan (Ayam Setan).
Wah serem ya? Apa jualannya deket sama kuburan? Ha ha ha... ternyata tidak. Makanan2 tersebut dibuat dengan rasa super pedas dengan penambahan cabe rawit yang sangat amat banyak!
Aku juga baru dengar dari temanku Tedi, yang tinggal di Bandung dan menanyakan apa aku pernah mencoba makan di Mbah Jingkrak.

Nah kebetulan kemarin cuaca panas sekali. Kayaknya enak ya pulang kerja makan Asinan Betawi. Asem-pedas segar. Kali ini aku mampir di dekat jalan Tol Tomang, belakang Taman Anggrek, tapi bukan di tempat Mbah Sawal seperti biasanya. Ada satu lagi penjual yang kelihatannya bersih tempatnya, dan buah serta sayuran yang ditata tersusun rapi.
Iseng2 coba beli dua porsi. Sampai dirumah, langsung mencoba asinan tersebut.
Alamak...... bener-bener bisa jingkrak-jingkrak! Pedesnya euy! Banget! Cabe merahnya buanyak banget, ditambah lagi ada cabe rawit uleknya! Mati aku! Bisa sakit perut nich.
Ternyata penggunaan cabe merah dan rawit yang berlebihan memang bisa membuat kita jingkrak-jingkrak kepedesan!
Ha ha ha!!!!!!

1 comment:

Sucre Maple said...

lucu ya nama warung & makanannya.. btw, terima emailku ngak, deb ? itu resepnya gw lupa bawang putih, hehee.. sorry ya.. tambahin aja 1 or 2 bwg putih, ok ? ciaooo..