Saturday, May 19, 2007

Libur........(part one)

Liburan tlah tiba...

ha ha ha! menyambung postingan kemarin, kali ini nekad untuk ambil off dan liburan ke Semarang.
Tujuannya yang pertama pasti untuk menghilangkan penat di kepala yang udah meradang kemana-mana (karena stress dengan sesuatu hal).
Setelah ikut ujian persamaan untuk sertifikasi AAJI (dan cukup sukses, menurutku), akhirnya diputuskan untuk segera mencari tiket. Rencana awal memang naik kereta api. Santai plus nyaman.

Hari Minggu tgl 13 mei, after misa, aku diantar mr Bear ke Gambir untuk booking ticket train. Dapat... untungnya memang rencana keberangkatan hari Rabu pagi, jadi senin dan selasanya aku masih sempat untuk kerja. Untuk hari Rabu malamnya, ticket fully booked! Karenan liburan panjang cuti bersama dari pemerintah itu lho!

Rabu 16.05.2007
Pagi2, semua ribet, ribut dan terburu-buru. Bukan karena bangunnya telat, tapi karena memang mau buru-buru berangkat ke Gambir. Setelah semuanya beres, Raf baru dibangunin. Dia mungkin shock juga karena pagi2 udah dimandiin. Nangis bo... tapi gak lama. Segera berangkat ke Gambir. Naik taxi aja, karena takutnya Mr Bear kena 3 in 1 di jalan. Perjalanan ke Gambir cepat dan masih lengang karena belum kena macet.

Gak berapa lama, keretanya datang, langsung kita masuk kedalam kereta dan mencari tempat duduk. Raf sempat disuapin bubur dulu. Karena masih pagi. Mr Bear langsung berangkat ke kantor. Thanks say......
Dalam perjalanan Raf sempat tertidur. But gak lama. Jam 11 lewat dia udah bangun dan mulai bertingkah, minta jalan kiri-kanan. Tebar pesona dan makan strawberry.
Perjalanan cukup nyaman, karena kereta hanya berhenti di stasiun Tegal, Pekalongan dan langsung Semarang. Tidak ada pedagang asongan yang masuk. AC cukup dingin selama perjalanan yang menyebabkan aku pakai jaket. Lagian juga diluar sepanjang perjalanan pantai utara turun hujan! Selama perjalanan cukup untuk koreksi satu kelas manajemen pemasaran.
Ditengah perjalanan ada SMS masuk. Dari Peni. Dia akan tiba di Jakarta sekitar jam 14.00 dari Aceh. Dia minta ketemuan somewhere that i can meet her. Wah sayang Pen, aku lagi otw ke semarang. But Peni malah bilang kalo dia tomorrow afternoon will be at semarang too! So kenapa gak ketemuan aja disana? hi hi hi!
Sampai di Semarang jam 13.30. Dijemput sama oma dan opa Sonny. Langsung ke rumah opa dan oma di Pekunden. Raf kelihatan antusias banget selama dalam perjalanan kerumah opa!
Selesai mandi, kebetulan ada jajanan Pecel Semanggi plus Sate Keong (Escargot?!?!) lewat. (Eva, bener gak sih nulisnya? kan elo yang fasih France!! ) ..Udah lama banget nih gak makan. Dagangan si mbok pecelnya juga kayaknya bersih. Jadi, kenapa tidak? Well, ini jajanan pertama deh. Satu pincuk (daun pisang) pecel semanggi plus sate keong and kerupuk gendar, and bumbu kacang yang pedez. Hmmmmm... enak!
Malamnya kita berburu bubur ayam. Tumben, kali ini bukan yang di Depok, tetapi yang di jalan MT Haryono. Namanya bubur ayam Ristana. Kedainya kecil, disebelahnya juga ada Empal Ristana. Wah kelihatannya yummy juga nich. Sepiring bubur plus telur kecap, abon ayam, irisan seledri, cakue,....panas-panas nikmat. Apalagi kota Semarang seharian diguyur hujan!
Raf? jangan ditanya, habis setengah mangkuk bubur! Enak kan?????

Kamis, 17.05. 2007
Pagi-pagi udah ke Mataram, tepatnya di emperan sekolah St Josef. Ada nasi ayam uenak disini. Yang beli? Wah pada naik mobil, ngantri. Yang jual mbok agak gemuk, kalo gak salah namanya Nasi Ayam Bu Nyoto. Bawa banyak bakul, isinya nasi, opor ayam, tahu, sambal goreng labu siam, dan suwiran daging ayam. Boleh makan ditempat ato dibawa pulang.


Siangnya kita diajak ke Baron, tambak tempat pemancingan ikan bandeng dan lesehan. Lokasinya di Puri Anjasmoro. Pas banget dengan suasana Semarang yang panas. Disini berangin dan sejuk. Menunya? Ada Bandeng Kropok (bandeng goreng dibumbui kecap pedas dengan perasan jeruk nipis), Bandeng Bumbu Bali, yang ini rasanya pedas manis, ada Bandeng Goreng Kering, Bandeng Bakar. Semuanya uenakkkk! Apalagi plus es degan (kelapa muda). Yummy! Aku makan bandeng kropok. Pedes enak. Plus sayur asam, lalapan dan es degan, disertai angin sepoi-sepoi dari tambak bandeng.
Gak lupa beli Poffertjes Toko Oen (resep poffertjes disini) yang kebetulan buka di Citra Land. Wah kalo yang ini jangan sampai dilupakan, karena kalo yang di Jakarta aku gak tahu belinya dimana. Poffertjes itu bentuknya bulet-bulet, ada taburan keju or meises di atasnya. Dimakan panas-panas. Wah enak nian. Dibuat dari campuran tepung terigu, telur, susu, vanili.

Malam harinya diajak makan di resto jawa Puri Oka, letaknya di bekas bioskop Murni, Gajah Mada, tempatnya bentuknya Ruko. Menu yang disajikan lumayan beraneka ragam. Sebenarnya mungkin lebih ke chinese food and international food yach, tapi variasi makanan jawanya lumanyan banyak. Aku pesan Mie Hotplate Jamur. Sausnya rasa barbeque. Pake irisan jamur. Wuih... panas-panas nikmat! Opa Sonny gak lupa pesan Steamboat. Sajian sawi putih, caisim, baso ikan, baso sapi, baso kepiting, dan chikuwa yang dimasak panas2 didepan kita. Wah jadi nambah keringetnya! Selama kita menanti datangnya pesanan, kita boleh ambil beberapa jenis camilan disana, ada keripik kentang, keripik makaroni, gratis! Jadi kita gak bosen nunggunya!


Jumat, 18.05.2007

Berhubung hari ini opa dan omanya masuk kerja, karena lagi banyak proyek, akhirnya aku, si Mbak dan Raf mau jalan-jalan sendiri. Pagi ini, kita diajak ke Soto Bokoran di Plampitan. Warungnya tipe rumah kuno jaman dulu banget. Tapi yang datang? Jangan ditanya. Rata-rata bermobil. Yang datang juga kebanyakan keluarga. Menu yang disajikan? Gak banyak. Cuma semangkuk nasi soto plus variasi gorengan di meja, ada tahu and tempe goreng, perkedel, sate kerang, kerupuk. Mau? tinggal ambil aja kok. Bayar belakangan. Yang ngantri? Amit-amit. Nunggunya bisa lima belas menit. Mana kurang nyaman, karena saat kita makan, sudah banyak orang yang rela mengantri di belakang kita untuk duduk. Pelayanan juga sedikit lelet lambat dan pendengaran yang kurang baik. Order pesanan bukannya dicatat malah disimak. Otomatis si pelayan tanya lagi, tanya lagi.

Terus kita iseng mampir pasar. Beli jajan pasar disana. Ada bubur, nasi pecel, ada galantine. Pokoknya macam2! Enak2 dan murah2! Gak lupa beli kue lekker. Sebenernya kayak crepes gitu, cuma dalamnya pisang plus meises. Enak, cuma Rp. 500. Padahal jaman dulu waktu aku kecil, cuma Rp. 200an lho sebuahnya. Si abang masih setia mangkal diujung Anggrek!

Aneka jajan pasar, ada gethuk, ketan biru, lupis, cenil, sawut, gendar, cethot, disajikan dengan taburan kelapa parut, gula pasir ato unti kelapa.
Aku juga coba pergi ke Family Baby Store yang letaknya cuma 200 meteran dari rumah oma. Cari baju lengan buntung buat Raf yang kelihatannya kepanasan terus. But ternyata gak ada. Sementara si Mbak beli Baso Sastro.

Siang hari kita jalan-jalan ke Plaza Simpang Lima and Citra Land. Raf nyaman dalam gendongannya. Kita lihat2 baju and beberapa pernak pernik. Plaza sangat amat ramai. Ternyata sekarang jadi pusat jual beli Hand Phone. Alamak.... rame sekali. Beda dengan Plaza yang dulu, yang sepi. Dan sekarang sudah ada jalan tembus, berupa jembatan yang menghubungkan Plaza dengan Citra Land. Tiba2 Raf merengek. Minta mik susu. Aduh, gawat nich. Musti cari tempat yang nyaman untuk duduk tenang dan menyusui Raf. Akhirnya kita ke Chocholate Cafe di lantai tiga. Ada sofa nyaman dan empuk disana. Dan akhirnya beli segelas ice chocho capuccino juga. Whalah......

Puas jalan-jalan kita pulang, hari sudah semakin sore. Sudah jam 16an saat kita balik ke rumah anggrek, dan ternyata sudah ada satu box isi serabi Notosuman Solo yang dibelikan opa Sonny. Thanks opa!
note: food pictures at this story are taken from internet.

1 comment:

Sucre Maple said...

Deb, liburan jajan trus nih.. mana foto2 liburannya ? dimuat dong.. apalagi foto2 makanan.. + gences dehhh.. =:p

PS : Nulisnya escargot (keong), aku sih blm pernah makan, geli aja sih.. hubbyku jg ngak suka, tp org sini pd byk yg suka tuh..

Btw yaourt itu bhs inggrisnya yoghourt, itu loh susu yg difermentasi, bagus banget u/ kesehatan, khasiatnya lbh bagus dr susu.. klu di indo aku liat pernah dijual, mahal banget.. Sptnya di indo dah ada mesin pembuat yoghourt deh..